Kembali ke Dasar-dasar NLP




Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak Artikel Bagikan artikel ini di Facebook Bagikan artikel ini di Twitter Bagikan artikel ini di Google+ Bagikan artikel ini di Linkedin Bagikan artikel ini di StumbleUpon Bagikan artikel ini di Delicious Bagikan artikel ini di Digg Bagikan artikel ini di Redgit Bagikan artikel ini di Reddit Bagikan artikel ini di Penulis Pakar Pinterest Heidi Heron
Banyak orang yang membaca ini sudah memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu NLP. Tapi, bagaimana jika ada perbedaan pendapat dengan kami? Bagaimana jika ada cara lain dalam memandang NLP yang dapat memuji pemahaman kita sendiri, atau bahkan memutarbalikkan definisi kita menjadi lebih baik? Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi saya selalu ingin tahu tentang bagaimana orang lain menggambarkan NLP. Saya ingin tahu tentang bagaimana orang menggunakan NLP. Saya kira rasa ingin tahu yang dibicarakan oleh Richard Bandler ketika dia mengatakan bahwa "NLP adalah sikap dan metodologi yang meninggalkan jejak teknik".

Bagi saya 'sikap' itu adalah rasa ingin tahu.

Jadi, mari kita lihat keingintahuan NLP. Ini adalah definisi NLP 'sederhana' saya, maka kita akan melihatnya secara praktis.

NLP adalah alat untuk memahami bagaimana bahasa pikiran kita menciptakan dan menjalankan pola yang kita miliki dalam hidup.

Ya, tapi bagaimana dengan pemodelan? Bukankah NLP tentang "keunggulan pemodelan" - bukankah itu hanya alat pemodelan? Jawaban saya: Mungkin.

Jika kita melihat kata-kata NLP - Neuro Linguistic Programming, kita melihat pikiran, bahasa, pola. Kita memiliki pola untuk SEMUA yang kita lakukan - bagaimana kita belajar, tertidur, termotivasi, menunda-nunda, jatuh cinta, makan, berolahraga, mempertahankan pekerjaan, frustrasi, bahagia, SEGALA SESUATU. Dan dunia psikologi memberi tahu kita bahwa ada reaksi kimia terhadap setiap pemikiran yang kita miliki; oleh karena itu setiap pola diawali oleh pikiran (sadar atau tidak sadar) dan bahan kimia yang diproduksi di otak. Jadi - sebuah pemikiran dan pikiran kita.

Tentu saja NLP adalah tentang pemodelan. Kami tahu apa yang kami ketahui di bidang yang hebat ini karena belajar dari orang lain. Dari pemodelan apa yang dilakukan orang dengan sangat baik. Pada awalnya, kelompok penjelajah NLP mencontoh Virginia Satir, Milton Erickson dan Fritz Perls (atau lebih tepatnya, Terapi Gestalt). Pertanyaan mendasar "apa yang mereka lakukan sehingga bekerja dengan baik?". Keingintahuan.

Dari keingintahuan ini, mereka memodelkan strategi luar biasa dan menciptakan proses yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Jadi, izinkan saya memperluas definisi saya.

NLP adalah alat untuk memahami bagaimana bahasa pikiran kita menciptakan dan menjalankan pola yang kita miliki dalam hidup. Setelah kita memiliki pemahaman ini, kita dapat menerapkan berbagai proses NLP untuk meningkatkan, mengubah, atau mengubah pola pikir, perilaku, dan emosi kita.

Bagi saya - ini cocok. Itu tidak cocok untuk semua orang, saya tahu. Namun bagi saya itu cocok.

Jika saya bertemu dengan seorang ibu yang memiliki masalah dengan anaknya - saya ingin memahami polanya. Apa yang dia katakan pada dirinya sendiri? Emosi apa yang dia miliki? Perilaku apa? Pola apa? Kemudian, ketika saya memiliki pemahaman yang lebih baik, maka kita bisa menerapkan beberapa teknik NLP. Misalnya, katakanlah bahwa anaknya rentan terhadap amarah dan ibu memiliki pola di mana ia mundur dari konflik. Saya bisa membantunya mungkin dengan mengubah pola itu sehingga dia dapat menghadapi kemarahannya dengan cara yang mendukung dan penuh kasih. Saya mungkin dapat menggunakan berbagai teknik NLP seperti Pola Swish, Integrasi Bagian, Penyelarasan Tingkat Neuro-Logika, Pembingkaian Ulang, Emosi Kliring, Pencetakan Ulang, dll. Seni NLP dilengkapi dengan praktik - mengetahui proses yang harus dilakukan saat.

Bagi sebagian orang, NLP adalah: alat komunikasi, cara untuk bernegosiasi lebih baik, keterampilan persuasi, alat untuk digunakan dalam penjualan, seperangkat strategi pelatihan, teknik pengasuhan anak, alat pemodelan, alat pemodelan, terapi alami, cara hidup.

Anda tahu apa yang saya katakan pada jawaban itu? Mereka SEMUA benar. NLP adalah semua itu, dan bahkan lebih dari itu semua.

Sekarang, saya menyerahkannya kepada Anda dengan pertanyaan ini: Apa itu NLP?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan NLP untuk Menguasai NLP

Tujuh Kebiasaan Praktik NLP yang Sangat Efektif

Apa itu NLP?